Bimbingan Konseling Pribadi Sosial

self improvement…caring others…loving God (LoGos SEFT)

Contoh Satuan Kegiatan Layanan Pri-Sos

SATUAN KEGIATAN LAYANAN

BIMBINGAN DAN KONSELING

 

 

 

  1. Judul/Spesifikasi Layanan   : Memahami Komunikasi Intepersonal yang Baik
  2. Bidang Bimbingan                      : Bimbingan Pribadi Sosial
  3. Fungsi Layanan                           

Agar siswa dapat mengembangkan dan memelihara hubungan yang baik secara positif terhadap lingkungannya  baik di keluarga, sekolah ataupun masyarakat.

      D. Standar Kompetensi             

            Membantu siswa untuk mencapai tujuan dan tugas perkembangan pribadi sosial

Dalam mewujudkan pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab melalui komunikasi interpersonal yang efektif.

      E. Indikator Pencapaian                       

            Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan siswa dapat:

  1. Menerapkan dalam kehidupan sehari-hari cara berkomunikasi yang baik
  2. Mensimulasikan contoh atau bentuk komunikasi interpersonal
  3. Dapat menciptakan dan menumbuhkan hubungan sosial yang baik

      F.  Sasaran Layanan       : Siswa SMU Kelas 1

      G. Uraian Kegiatan dan Materi Layanan       

            1. Uraian Kegiatan

                 1.1. Kegiatan Awal

                        – Pembimbing membuka kegiatan layanan

                        – Pembimbing mencek kehadiran siswa

                        – Pembimbing mengadakan apersepsi

                1.2. Kegiatan Inti

                        – Pembimbing menjelaskan teknik permainan simulasi

                        – Siswa dibagi menjadi dua kelompok/peran, sebagai wisatawan dan pemandu/guide

                        – Siswa dengan arahan pembimbing melaksanakan simulasi

                        – Siswa bersama pembimbing mengambil pokok kajian dari simulasi yang telah dilakukan

                        – Siswa mendengarkan materi dari pembimbing yang berkaitan dengan simulasi

   1.3. Kegiatan Akhir

 – Siswa bersama pembimbing mengadakan tanya jawab dari materi yang telah  dibahas

–          Pembimbing memberikan tugas kepada siswa berbentuk lembar kerja siswa

–          Siswa bersama pembimbing menyimpulkan materi yang telah disampaikan

–          Pembimbing menutup kegiatan layanan

2. Materi Layanan

2.1. Pengertian Komunikasi

            Komunikasi adalah peristiwa sosial yang terjadi ketika manusia berinteraksi dengan manusia yang lain.

Manusia dalam kehidupannya sehari-hari akan senantiasa terlibat dalam komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi non-verbal

2.2. Komunikasi yang Baik dan Efektif

            Komunikasi dibentuk dari adanya stimulus dan respon. Manusia belajar menjadi manusia melalui komunikasi. Manusia bukan saja dibentuk dari lingkungan tetapi oleh cara-caranya menerjemahkan pesan-pesan lingkungan yang diterimanya. Melalui komunikasi kita dapat menemukan diri kita, mengembangkan konsep diri dan membentuk hubungan sosial dengan dunia sekitar kita.

Bagaimana tanda-tanda komunikasi yang efekif? Komunikasi yang efektif menurut  Stewart Tubbs & Sylvia Moss dikriteriakan paling tidak menimbulkan lima hal yaitu:

  1. Pengertian
  2. Kesenangan
  3. Pengaruh pada sikap
  4. Hubungan yang makin baik
  5. Tindakan

2.3. Komunikasi Interpersonal

            Komunikasi interpersonal terjadi jika didalam proses komunikasi tersebut terlibat sekurang-kurangnya dua orang atau lebih, yang satu bertindak sebagai penyampai informasi dan yang satu sebagai penerima informasi. Komunikasi interpersonal yang baik akan berjalan lancar jika diantara kedua belah pihak terdapat keterkaitan emosional sebagai contoh:

”Seorang guru akan merasa tersinggung, jika ketika dia menerangkan materi pelajaran ada siswa yang tidak memperhatikannya karena mengobrol”. Dalam hal tsb di atas dapat kita simpulkan bahwa komunikasi dari contoh diatas tidak berlangsung dengan baik, karena salah satu pihak tidak mempunyai keterkaitan emosional dengan penyampai informasi.

H. Tempat Penyelenggaraan Layanan       : Ruang kelas

I.   Waktu                                                       : 15 Menit

      Tanggal                                                    :  3 Maret 2010

      Semester                                                   :  II

J. Penyelenggara Layanan                       :  Guru BK

K. Alat & Perlengkapan                               : 1. Poster

                                                                                      2. Chart

                                                                                      3. Topi untuk simulasi

                                                                                      4. Lembar Kerja Siswa

L. Sumber

1. Jalaluddin Rahmat, Psikologi Komunikasi

2. Kurikulum SMU, Petunjuk Pelaksanaan BK tahun 1994

3. Stewart Tubbs & Sylvia Moss, Body Language

M. Rencana Penilaian

1. Prosedur Tes         : Post Test

2. Jenis Tes                 : a. Tes Lisan

                                              b. Tes tertulis, pengisian LKS (terlampir)

3. Bentuk tes              : Essay

4. Butir Soal               : 1. Bagaimana tanda-tanda komunikasi yang efektif?

                                             2. Berilah contoh keadaan ketika komunikasi interpersonal terjadi!

Yogyakarta, 1 Maret 2010

 Perencana Kegiatan Layanan                

Diana Septi Purnama

August 2, 2010 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: